Selamat datang di hme193.blogspot.com

HME

Rotating X-Steel Pointer

TUTORIAL VB6 1: PENDAHULUAN

Selasa, 12 November 20130 komentar

Tak kenal, maka tak sayang. Sebelum belajar, kita harus tahu dong apa itu VB.

Pertama-tama, kita flashback dulu yu mari....

Mungkin Anda sering membuka suatu software. (hah... bukan mungkin lagi, tapi pasti!). Lalu, apa yang akan Anda lakukan dengan software tersebut? Pastinya Anda menggunakannya sesuai dengan fungsinya, benar kan? (ya iyalah!) Bagaimana software itu menjalankan fungsinya? Anda harus memberi PERINTAH, lalu software itu pun akan menjalankan perintah Anda dengan sukarela.

Tapi, software juga BUKAN manusia.... Ada kalanya dia tidak bisa menjalankan perintah kita. Itulah yang sering disebut dengan istilah ERROR....

Jadi, membuat suatu program, sangat erat kaitannya dengan perintah dan logika. Yang dimaksud dengan logika ituhh.... Misal: Jika user (pengguna program) memberikan perintah A, program akan melakukan a. Jika user memberikan perintah B, program akan melakukan b. Jika user memberikan perintah yang tidak bisa dilakukan program, program akan "error".

Tentu saja, jika program terlalu banyak error, pastinya si user akan marah dong.... Karena itu, untuk meminimalisasi terjadinya error, seorang programer harus MEMPERHITUNGKAN SEMUA KEJADIAN. Kira-kira, apa saja yang akan dilakukan seorang user pada program Anda, dan Anda harus membuat AKSI pada setiap user memberi perintah.

Apa itu Visual Basic?

Pada hakikatnya Visual Basic itu adalah salah satu bahasa pemrograman. Suatu "bahasa" (kode) yang dibaca komputer saat user memberi perintah. Bukankah kita perlu bahasa agar bisa berkomunikasi dengan orang lain? Dan tentu saja bahasa yang dipakai harus dimengerti orang itu. Nanti nggak nyambung dong.... Nah.... Begitu juga dengan manusia dengan komputer. Untuk menjalin komunikasi dengan komputer, kita perlu menggunakan bahasa yang dimengerti komputer. Visual Basic adalah salah satunya.

Visual Basic itu sendiri merupakan hasil pengembangan dari bahasa pemrograman BASIC. Selain Visual Basic, ada juga bahasa lain, seperti Pascal (sekarang sudah dikembangkan menjadi Delphi), C++, Java, dll.
Tentunya Anda tahu betul, bahasa apa yang akan kita bahas di sini. (Ya Visual Basic laah....)

Aplikasi berbasis GUI??

Anda tahu tentang istilah GUI?? GUI singkatan dari Graphic User Interface. Yakni program yang terdiri atas objek-objek grafikal (seperti tombol, textbox, checkbox, scrollbar, form, dll). Dulu sebelum ada GUI, program komputer masih berbasis CUI (Character User Interface), misalnya DOS. Setiap Anda memberikan perintah, Anda diharuskan untuk mengetikkan perintahnya (dalam bentuk karakter). Tapi, sekarang sangat praktis bukan? Anda tinggal melalukan AKSI pada objek-objek yang ada. (misalnya mengklik tombol), program pun akan melakukan perintah Anda dengan senang hati... Jadi, merasa beruntunglah, karena Anda dilahirkan di era teknologi serba canggih. ; )
Lanjut....

Jadi, Visual Basic itu berfungsi untuk membuat program yang object oriented ....

IDE Visual Basic 6

Setelah mengetahui apa itu VB, ada baiknya kita mengenal dulu bagaimana tampilan VB. Ini dia....

Penjelasan:
1. ToolBox => untuk menyisipkan objek ke dalam form
2. MenuBar
3. ToolBar
4. Form
5. Project => sebagai "peta" dari project yang dibuat. Mengapa perlu peta? Karena adakalanya Anda akan membuat sebuah program lebih dari 1 form.
6. Properties => tempat mengatur property objek. (Nanti kita bahas tentang Property.)
7. Form Layout => untuk menampilkan kedudukan form pada layar monitor.

Bagian-bagian ToolBox

ToolBox adalah toolbar yang berfungsi untuk menyisipkan objek-objek. Berikut ini adalah bagian-bagiannya.... Jreng-jrengg.....~






















 Keterangan: (dimulai dari kiri atas, berurutan, dan mendatar terlebih dahulu)
  1. Pointer => bukan objek, fungsinya cuma untuk move dan scaling objek aja.... Mirip seperti fungsi Move pada Photoshop.
  2. PictureBox
  3. Label
  4. TextBox
  5. Frame
  6. CommandButton
  7. CheckBox
  8. OptionButton
  9. ComboBox
  10. ListBox
  11. HScrollBar
  12. VScrollBar
  13. Timer
  14. DriveListbox
  15. DirListBox
  16. FileListBox
  17. Shape
  18. Line
  19. Image
  20. Data
  21. OLE
Apa lagi ya yang mau dibahas? Untuk pendahuluan cukup sampai di sini dulu ya....
Selanjutnya kita akan membahas tentang object-object yang sering digunakan dalam membuat program.


sumber: mainvb.com
Share this article :

Posting Komentar

 
Support Oleh : UNISMA | HME193 UNISMA | FAKULTAS TEKNIK UNISMA |
Copyright © 2012 - 2013. tutorial elektro elektronika dan kumpulan software gratis - All Rights Reserved
Tema dibuat oleh Team Kreatif HME Unisma
Proudly powered by FT UNISMA